December 10, 2022

pksandir.com

Blog Info Media Online

4 Peralatan yang Dibutuhkan Oleh Ibu Menyusui Ketika Bekerja

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi hingga umur 2 tahun karena kandungannya penuh dengan nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan tubuhnya dari awal masa kelahirannya hingga dalam masa tumbuh kembangnya. 

Namun, sayangnya khusus Ibu pekerja hanya memiliki waktu sekitar 3 bulan untuk memusatkan perhatian pada tumbuh kembang bayi pada awal kehidupannya. Karena biasanya cuti melahirkan hanya diberikan selama 3 bulan saja. Dengan demikian setelahnya ibu harus kembali bekerja .

Peralatan yang Dibutuhkan Oleh Ibu

Oleh karena itu Ibu membutuhkan beberapa alat bantu untuk mendukung proses pemberian ASI pada bayi. Perangkat tersebut banyak ditemui pada toko kebutuhan ibu menyusui. Ibu tinggal pilih kualitas mana yang diinginkan kan dan disesuaikan dengan anggaran yang telah tersedia

Alat Pompa ASI

Produk pertama yang dibutuhkan oleh ibu adalah alat pompa ASI. Pasalnya ibu akan meninggalkan rumah selama lebih daripada 8 jam pada umumnya produksi ASI akan akan tetap seperti biasa sehingga bisa jadi pada saat bekerja Ibu memerlukan waktu untuk memompanya. Perhatikanlah kualitas pompa yang ibu beli agar dapat bekerja dengan baik.

Kantong ASI

Setelah alat pompa asi produk yang kedua adalah kantung susu untuk menampung cairan ASI. Kantong ini harus cukup tebal dan dapat menutup dengan rapat pasalnya setelah cairan ASI dimasukkan ke dalam kantong tidak boleh lagi terkontaminasi dengan udara karena ditakutkan akan menjadi basi atau malah menjadi media bakteri atau patogen yang lain untuk tumbuh.

Tas Dengan Sekat Pendingin

Selanjutnya yang diperlukan oleh ibu adalah tas khusus yang memiliki sekat pendingin. Setelah ASI dipompa menggunakan alat pompa dan dimasukkan ke dalam kantung akan jauh lebih baik jika langsung didinginkan ke dalam kulkas sehingga membeku.

Dengan demikian, bu pulang dari kantor dapat membawa cairan ASI tersebut dalam keadaan beku. Oleh karenanya agar wujudnya tetap seperti itu diperlukan tas khusus yang memiliki lapisan sekat pendingin. Agar sampai rumah tetap berupa bekuan. Dengan demikian kualitas Asi tetap terjaga.

Breast Pad

Terakhir yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah Breast Padt yaitu suatu lapisan yang bermanfaat untuk menyerap  cairan ASI yang merembes dari payudara yang sudah penuh atau belum sempat dipompa.

Jika ASI ini merembes keluar dan tercetak pada baju ibu,  maka tentu ini akan memalukan serta sulit untuk dihilangkan. Padahal Ibu masih bekerja selama beberapa jam berikutnya. Oleh karena itu gunakanlah breast pad  yang memiliki kemampuan menyerap maksimal.

Pigeon  merupakan salah satu merk yang menyediakan peralatan yang Ibu butuhkan untuk mendukung pemberian ASI pada bayi oleh karenanya ibu dapat membeli seluruh peralatan tersebut pada toko yang jual pigeon. Ibu dapat memanfaatkan marketplace favorit atau membelinya pada ada toko fisik terdekat.