December 10, 2022

pksandir.com

Blog Info Media Online

5 Pilihan Finger Food untuk Bayi di Atas 6 Bulan

Tahukan Anda bahwa makanan pendamping ASI juga memiliki beberapa kategori, ada yang berupa camilan dan finger food. Camilan bayi biasanya dikonsumsi di antara waktu makan besar dan sebagai pembiasaan si kecil dengan makanan padat. Biasanya camilan dibuat sendiri atau bisa membelinya di tempat yang jual Yummy Bites dan merupakan salah satu brand penyedia berbagai makanan MPASI untuk anak.

Finger food berbeda dengan cemilan biasa karena jenis makanan ini merupakan jenis makanan yang mudah digenggam tangan si kecil, tapi tetap memiliki tekstur lembut sehingga mudah digigit oleh gigi-gigi halus yang baru tumbuh.

Finger Food untuk Si Kecil yang Berusia 6 Bulan ke Atas

Memberikan finger food sangat bermanfaat untuk si kecil, bukan hanya untuk merangsang pertumbuhan gigi, melatih makan makanan padat, tapi juga melatih si kecil menggenggam. Berikut beberapa makanan yang cocok dijadikan finger food:

  • Sayuran Rebus

Makanan pertama yang direkomendasikan adalah sayuran rebus. Makanan ini meskipun bisa dipegang tapi sangat lembut dan bisa dihancurkan gigi si kecil. Apalagi di dalamnya terdapat kandungan nutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembang bayi.

Beberapa sayuran yang bisa Anda pilih adalah wortel, kentang, brokoli, atau ubi-ubian. Pastikan bahan-bahan tersebut dipotong ke ukuran yang lebih kecil sehingga mudah digenggam dan dimasukkan ke dalam mulut bayi.

  • Buah Bertekstur Halus

Pilihan berikutnya adalah buah yang sudah matang dengan tekstur halus, seperti pisang, semangka, pepaya, mangga, atau alpukat. Anda bisa mengupas kulitnya kemudian potong kecil seukuran genggaman bayi dan memberikannya untuk si kecil.

Pilihan lain adalah mendatangi tempat jual Yummy Bites yang menyediakan varian beberoll dengan rasa keju, stroberi, atau blueberry. Beberoll ini berbentuk kecil dan cocok di genggaman si kecil, juga mengandung nutrisi yang cocok untuk si kecil.

  • Telur Orak Arik

Selanjutnya ada pilihan berupa telur orak-arik, jenis makanan ini juga sangat disukai oleh bayi berusia di atas 6 bulan. Namun saat memasaknya gunakan sedikit minyak saja dan tidak diberi garam sedikit pun. Jika anak punya alergi terhadap protein hewani jangan berikan makanan ini.

  • Pasta atau Mi

Anda juga dapat memberikan makanan berupa pasta atau mi untuk dijadikan finger food. Makanan ini sangat cocok untuk anak yang belum punya gigi. Teksturnya kenyal sehingga membantu merangsang kekuatan rahang dan gigi. Namun, pastikan tidak menambahkan berbagai bumbu dan memberikannya dalam potongan kecil. Bisa tambahkan minyak zaitun dan saos tomat rendah garam.

  • Tahu

Hasil olahan kedelai ini juga memiliki tekstur yang halus dan cocok untuk diberikan kepada si kecil. Sumber protein nabati ini dapat diberikan sebagai makanan utama juga, tapi pastikan tidak memilih tekstur yang terlalu rapuh sehingga sulit digenggam anak.

Beberapa rekomendasi finger food di atas bisa diberikan kepada si kecil yang baru belajar mengunyah. Anda juga bisa memberikan alternatif lain dengan mendatangi tokoyang  jual Yummy Bites dan membeli beberapa produk yang cocok untuk diberikan pada si kecil. Bisa juga beli di toko jual perlengkapan bayi online dan barang akan dikirimkan langsung ke rumah.