January 30, 2023

pksandir.com

Blog Info Media Online

Ragam Induksi Alami yang Bisa Memicu Kontraksi Persalinan

Dalam proses persalinan, induksi menjadi hal yang diperlukan terutama untuk mempercepat proses kelahiran. Nah, perlu diketahui bahwa selain induksi medis yang dilakukan dengan menyuntikkan obat, ada juga induksi alami yang bisa dilakukan. Tentu, induksi alami ini bisa menjadi opsi selain induksi medis terutama ketika pasien memiliki kondisi khusus. 

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa induksi alami bisa dilakukan terutama untuk merangsang kontraksi di awal proses persalinan. Opsi ini dilakukan terutama untuk melakukan induksi yang bebas dari infeksi atau rasa yang tidak nyaman pada ibu hamil.

Terkait induksi alami ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Penasaran apa saja cara induksi alami yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya!

Ragam Cara Induksi Alami yang Bisa Dilakukan

Seperti yang disinggung di awal, ada beberapa cara induksi alami yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses persalinan. Adapun beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Merangsang putting

Salah satu cara induksi alami yang bisa dilakukan adalah merangsang puting. Memang, tindakan ini bisa menjadi salah satu cara efektif yang akan memicu terjadinya kontraksi untuk persalinan. 

Hanya saja, para pakar mengatakan bahwa cara induksi alami ini bleh dilakukan apabila kondisi jalan lahir berdasarkan penilaian adalah baik. Apabila kondisi jalan lahir tersebut urang baik, bisa jadi ibu hamil belum terlalu siap untuk melakukan persalinan.

  • Berhubungan seks

Cara induksi alami lainnya yang bisa dilakukan adalah berhubungan seks dengan pasangan. Ya, para pakar kesehatan mengatakan bahwa hubungan seks yang dilakukan dengan pasangan terutama di trimester akhir kehamilan akan membantu kelancaran proses persalinan.

Pasalnya, hubungan seks yang dilakukan nantinya akan mendorong pelepasan hormon oxytocin. Hormon ini adalah hormon yang diperlukan untuk memulai proses persalinan dan juga kontraksi.

Tidak hanya itu, selain bisa memicu kontraksi sebagai awal persalinan, berhubungan seks juga bisa menjadi senjata untuk mengurangi kebutuhan induksi lain selama proses persalinan. Nah, Anda tinggal mengatur waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan. 

  • Akupuntur

Satu lagi cara induksi alami yang bisa dilakukan untuk melancarkan persalinan adalah akupuntur. Tindakan ini secara efektif akan membantu melunakkan serviks atau leher rahim. Nah, serviks yang cenderung lebih lunak nantinya akan mengalami kontraksi yang lebih cepat.

Hanya saja, metode akupuntur berhubungan dengan pemijatan serta penusukan menggunakan jarum. Oleh karenanya, cara ini harus dilakukan oleh tenaga ahli yang selain berpengalaman juga memiliki pemahaman yang tepat.

Beberapa hal di atas adalah ragam cara induksi alami yang bisa dilakukan. Seperti dijelaskan di atas, metode ini bisa dijadikan opsi untuk mempercepat kontraksi dan melancarkan persalinan. Nah, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk membicarakan tentang cara ini.